Seperti namanya, nasi menjadi komponen utama dalam box nasi kuning kotak, berikut tips agar nasi tidak mudah basi. Tidak perlu khawatir, makanan pokok masyarakat indonesia ini mudah ditemukan. Dengan begitu, Anda bisa memesan katering yang sesuai dengan event/acara tersebut. 

Dari segi pengolahan, nasi kotak buat syukuran bukan termasuk makanan yang sulit. Namun jika tidak memperhatikan penyajian dan tempatnya, justru akan membuat nasi tersebut basi. 

Tips agar Box Nasi Kuning Kotak Tidak Cepat Basi

Melihat kekhawatiran Anda terhadap kelayakan nasi kotak, maka kami akan memberikan tips untuk menghindari penurunan kualitas nasi kotak. Dengan begitu, nasi tersebut tetap enak dan layak dimakan.

1. Pilih menu yang tidak mudah basi

Prioritas utama di dalam nasi kotak adalah menu-menunya. Namun tetap harus dipahami, ada beberapa menu yang tidak tepat bila harus menunggu sebelum disajikan. Yang ditakutkan adalah membuat nasi kotak tersebut menjadi mudah basi. 

Nah untuk mengantisipasinya, sebaiknya isi dengan menu goreng atau panggang. Makanan yang digoreng jauh lebih tahan lama jika dibandingkan rebusan. Hindari juga menu yang bersantan seperti kompor dan sejenisnya.

2. Menggunakan kotak kedap udara

Tips pertama yakni menggunakan kemasan kotak kedap udara. Apalagi nasi yang masih panas akan membuat kotak menjadi lebih lembab, parahnya dapat merusak cita rasa makanan tersebut. 

Sedangkan kemasan kotak kedap udara biasanya menggunakan kertas khusus agar makanan tetap enak dan tidak terlalu lembab. Tidak perlu khawatir, harganya juga relatif terjangkau. 

3. Pisahkan nasi dengan lauk pauk

Menyusun nasi kotak buat syukuran memang ada caranya sendiri. Dimana sebaiknya pisahkan daging, sayur dan isi lainnya. Ini dilakukan agar nantinya tidak membuat nasi dan lauk pauk ikut tercampur. 

Berangkat dari hal ini, sebaiknya pisahkan nasi dan lauk tersebut menggunakan bungkus plastik reusable. Meski terlihat merepotkan, namun nasi kotak akan tetap layak ketika dibagikan dalam sebuah event.

4. Jangan tutup kotak ketika nasi masih panas

Jangan disepelekan, menutup nasi kotak ketika masih panas/mengepul sangat tidak direkomendasikan. Mengapa? Karena nasi yang baru matang akan mengeluarkan uap air lebih banyak. Itu artinya kalau langsung ditutup akan cepat basi. 

Sebaiknya Anda biarkan nasi tersebut menjadi hangat baru menutupnya. Selagi menunggu, masukkan saja lauk pauk terlebih dahulu. Dengan begitu, nasi kotak akan tetap layak dan tetap lezat ketika disantap.

5. Penyimpanan nasi kotak

Setelah nasi kotak buat syukuran diterima, Anda bisa menaruh tempat tumpukan tersebut dengan hati-hati. Maksudnya, cari tempat penyimpanan yang jauh dari bau-bau tajam seperti pewangi ruangan, pewangi lantai, pembersih, parfum dan sejenisnya. 

Sebaliknya, letakan tumpukan nasi kotak tersebut ditempat yang sejuk dan tersedia sirkulasi udara. Sebagai informasi, ruangan yang lembab dan panas akan membuat kontaminasi bakteri menjadi cepat sehingga membuat makanan jadi mudah basi.

Nah, beberapa tips diatas bisa Anda terapkan ketika ingin mengadakan tasyakuran. Namun jika ingin hasil yang langsung jadi tanpa ribet, Anda bisa mempercayakan kepada box nasi kuning kotak milik kami Clasey Cakery. Dijamin berkualitas, sehat dan higienis. Langsung hubungi 0821 1100 0550.