Tradisi prosesi 7 bulanan ditujukan pada ibu hamil khususnya anak pertama biasanya dilakukan, tentu saja Anda juga perlu menyiapkan nasi kotak 7 bulanan disajikan untuk para tamu. Ritual 7 bulanan ini merupakan tradisi yang menunjukan rasa syukur serta bertujuan guna keselamatan diri ibu dan anak.

Setiap daerah memiliki tradisi 7 bulanan berbeda-beda, termasuk masyarakat jawa. Di jawa sendiri tradisi ini disebut dengan mitoni. Biasanya mitoni ini dilakukan untuk mendoakan keselamatan ibu hamil.

Untuk menyuguhi tamu-tamu selain diberikan makanan ringan atau snack, biasanya pemilik acara juga akan memberikan hidangan. Bingung dengan makanan yang biasa disajikan untuk acara ini, kami akan memberikan daftar inspirasi menu serta maknanya.

Daftar Inspirasi Menu Nasi Kotak 7 Bulanan Serta Maknanya

Bingung dengan menu dari hidangan kotak acara tradisi ini, ternyata Anda dapat memilih pilihan makanan ini berdasarkan makna terkandung pada masing-masing makanan. Berikut ini daftar inspirasi menu dengan harga nasi box kenduri relatif terjangkau.

1. Rujak 7 bulanan

makanan pertama yang wajib ada adalah rujak, baik pada tradisi jawa maupun sudan menu hidangan ini tetap ada. Rujak terdiri dari 7 jenis buah berbeda dengan bumbunya berasa manis, pedas dan asam.

Uniknya, tradisi ini juga dapat menunjukan prediksi jenis kelamin calon bayi dikandung oleh ibu. Konon katanya jika rujaknya berasa manis maka jenis kelaminnya perempuan, sedangkan jika rasanya sepat pedas maka jenis kelaminnya laki-laki.

2. Nasi putih/kuning

Elemen ini merupakan makanan pokok masyarakat asia khususnya Indonesia. Ada pepatah, makan tanpa nasi sama saja belum makan, oleh karena itu makanan ini tentu saja tidak boleh ketinggalan ada di nasi kotak.

3. Telur utuh

Telur merupakan bagian yang tidak boleh terlupakan, banyak olahan telur bisa disajikan dan akan selalu cocok dengan berbagai menu di box hidangan. Memiliki makna bahwa semua tindakan perlu direncanakan.

4. Ayam goreng/bakar

Daging ayam juga tidak pernah absen, sajiannya bisa bermacam-macam. Bisa dibakar, bisa digoreng, bahkan disemur juga akan selalu terasa enak. Ternyata ayam juga memiliki makna sebagai rasa patuh terhadap Sang Pencipta.

5. Tempe Orek

Makanan ini boleh ada atau tidak dapat disesuaikan dengan budget harga nasi box kenduri yang sudah Anda sediakan. Tempe orek adalah menu olahan tempe yang sudah dimasak dan dibumbui kecap manis, bawang putih serta penyedap rasa.

Rasanya akan terpadu dan sangat enak sekali jika disajikan dengan nasi hangat, memiliki makna sifat untuk saling menghargai.

Terakhir biasanya sebagai hidangan pelengkapnya sambal dan kerupuk sudah menjadi ciri khas masyarakat Indonesia tidak nikmat rasanya makan tanpa kedua pelengkap itu. Tidak mau ribet memasak, Anda bisa memesan catering untuk acara 7 bulanan di Clasey cakery.

Clasey Cakery merupakan toko roti, cake dan kue homemade dengan rasa tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Berada di Jakarta pusat, bagi Anda yang tertarik untuk memesan kue atau nasi kotak untuk acara 7 bulanan bisa langsung menghubungi contact person 0821 1100 0550 atau email claseycakery@gmail,com

Acara 7 bulanan merupakan salah satu tradisi turun temurun yang masih dilakukan sampai saat ini. Khususnya untuk menyambut anak pertama serta mendoakan untuk kelancaran kelahiran ibu hamil. Menu-menu Nasi kotak 7 bulanan bisa dipilih sesuai dengan budget yang telah disediakan.