Nasi kotak buat 7 bulanan atau acara mitoni dalam budaya jawa. Perayaan atau selamatan ini kerap kali diadakan ketika seorang ibu hamil memasuki usia kandungan pas 7 bulan.

Adapun tujuan dari selamatan 7 bulanan ini adalah supaya ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan selalu dalam keadaan selamat, sejahtera jiwa dan raganya. 

Lalu, dengan adanyan syukuran 7 bulanan inilah diharapkan janin dalam kandungan si ibu bisa lahir dalam keadaan selamat jasmani dan rohaninya.

Nah, biasanya selama acara 7 bulanan ini berlangsung, pasti akan bingkisan yang dibawa pulang oleh para tamu undangan berupa nasi kotak buat hajatan. Berikut ini ada beberapa menu lengkap cocok untuk acara hajatan 7 bulanan.

Menu Tumpeng Nasi Kotak Buat 7 Bulanan

Untuk nasi kotak buat hajanan  acara mitoni bulanan ini menunya memang tidak boleh asal – asalan karena beberapa dari simbol acara mesti ada di dalamnya.

1. Gunungan Nasi

Gunungan nasi tersebut terdiri dari satu bagian gunungan terbesar. Lalu, pada posisi tengahnya akan dikelilingi oleh 6 gunungan nasi berukuran kecil sudah lengkap dengan berbagai jenis lauk pauknya.

2. Lauk Pauk

Sementara untuk lauk pauk nasi tumpeng ini akan disusun rapi dengan tampilan yang sangat menggugah selera Anda. Bila Anda memesan nasi kotak buat hajatan pasti sangat banyak sekali menu lauk pauk di dalamnya.

Syarat Menu Hidangan Acara Wetoni 7 Bulanan

Di dalam menu hidangan nasi kotak buat hajatan ibu hamil ini ada beberapa syarat yang wajib tersedia, yakni 7 jenis bubur yang nantinya harus dimakan oleh ibu hamil, ayah beserta anggota keluarganya.

Nah, ada beberapa menu bubur yang bisa Anda pilih untuk acara mitoni ini sebagai menu andalan dan juga pelengkap bisa diperoleh, terdiri dari bubur putih dan merah, bubur putih dibaluri merah, merah disilangkan dengan putih dan sebaliknya, putih disilangkan merah, serta baro – baro atau irisan gula jawa dan parutan kelapa.

Bukan hanya itu saja, sebagai tambahan menu lengkapnya Anda bisa memberikan jenis buah – buahan sebanyak 7 macam. Nah, untuk jenis buahnya pun bisa dipilih dengan bebas menyesuaikan selera saja.

Di dalam tradisi Jawa, acara mitoni begitu pentingnya untuk diadakan bahkan hingga saat ini. Dengan berkembanganny peradaban dan zaman sekarang ini, hidangan dalam acara 7 bulanan sangatlah beragam bukan hanya bubur merah putih saja, tetapi bisa pula dengan nasi tumpeng yang diberikan kepada para tamu undangan.

Untuk hidangan nasi kotak buat 7 bulanan dengan tumpeng ini sangat pas di lidah masyarakat Indonesia. Ditambah lagi dengan nasi tumpeng ini merupakan salah satu dari jenis masakan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu dan jadi warisan leluhur.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat acara  mitoni 7 bulanan dan masih bingung dengan menu hidangan dapat langsung memesannya di Clasey Cakery atau hubungi melalui telepon 0821-1100-0550 untuk mendapat nasi kotak buat 7 bulanan.